Rabu, 02 Oktober 2013

Audiensi Pengurus Senkom Jatim Dengan Pangdam V Brawijaya

Senkom.or.id | Surabaya - Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Ediwan Prabowo, S.Ip.menerima kunjungan pengurus provinsi Senkom Mitra Polri JawaTimur di Makodam V Brawijaya Jl. R. Wijaya No. 1 Surabaya, Jum’at (27/9/13)

Audiensi berlangsung dalam suasana yang hangat dan penuh rasa kekeluargaan, diawali dengan perkenalan dari kedua belah pihak, berjalan sekitar 1,5 jam.

Dalam sambutannya, Pangdam V Brawijaya menyampaikan permohonan maaf adanya beberapa penundaan rencana audiensi karena padatnya acara beliau. Tersirat ketulusan Pangdam saat menyampaikan kesan beliu yang penuh rasa kagum dan bangga terhadap semangat dan disiplin anggota Senkom Mitra Polri saat beliau memberikan pembekalan tentang Bela Negara  dalam Diklatnas Kamtibmas dan Bela Negara Senkom Mitra Polri bertempat di Wonosalam Jombang, 20 – 22 September 2013 yang lalu.

Dalam kesempatan audiensi tersebut, H. Semoga Jaya selaku Ketua Pengurus Provinsi Senkom Mitra Polri Jawa Timur yang juga sebagai salah satu Ketua Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri, menyampaikan secara garis besar tentang sejarah berdirinya, visi, misi Senkom Mitra Polri, beberapa pelatihan yang telah dilaksanakan Senkom Mitra Polri, beberapa MoU (Nota Kesepahaman) dengan beberapa instansi misalnya BNPB, Basarnas dan lain-lain.
Termasuk keberadaan dan aktivitas Senkom Mitra Polri yang eksistensinya sudah sampai di semua Provinsi seluruh Indonesia dan kabupaten, kota serta kecamatan. Senkom Mitra Polri telah berperanserta aktif dalam beberapa kegiatan-kegiatan dari tingkat nasional sampai dengan tingkat daerah, yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. 
Sekarang ini kemitraan Senkom semakin diperluas. Pada awal berdirinya Senkom Mitra Polri merupakan mitra dari Polri, sebagai mitra Polri dalam memasyarakatkan Kamtibmas dan memasyarakatkan sadar hukum bagi masyarakat. 
Sebagai bagian dari anak bangsa, menyadari situasi dan kondisi sosial dewasa ini maka dalam perkembangannya Senkom semakin memperluas kemitraan dengan berbagai instansi diantaranya : Kemendagri, Kementerian Sosial, BNPB, Basarnas dan lain-lain. “Bahkan saat ini proses penyusunan nota kesepahaman dengan TNI-AD sedang berlangsung”, terang H. Semoga Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Pangdam menyambut baik dengan mendorong terwujudnya kerjasama yang konkrit antara Senkom Mitra Polri dengan TNI, dalam hal ini khususnya TNI-AD. Menurut Pangdam ada dua hal yang bisa diwujudkan dalam kerjasama tersebut yaitu Pembinaan Bela Negara dan Penanggulangan Bencana. Senkom bisa berperan menjadi ujung tombak dalam giat bela negara. Hal tersebut bisa disinergikan dengan berbagai program yang telah ada diantaranya TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa), penyuluhan tentang bela negara dan lain-lain. 
Dalam hal Penanggulangan Bencana, Senkom juga bisa menjadi potensi yang dilibatkan secara aktif dalam berbagai kegiatan Penanggulangan Bencana. Potensi yang dimiliki Senkom bisa dimanfaatkan dalam berbagai giat penanggulangan bencana. Secara  aplikatif Pangdam V Brawijaya mengharapkan adanya sinergitas program dan implementasinya antara Senkom Mitra Polri dengan TNI AD sesuai tingkatannya khususnya dalam hal Bela Negara.

Hadir dalam audiensi tersebut dari Pengurus Senkom Mitra Polri dipimpin oleh H. Semoga Jaya, Bc.Ku. selaku Ketua, didampingi Laksma. TNI (Purn) H. Soeroso L.W., S.Ip. (Ketua Dewan Pembina), Dr. Ir. H. Dedid C. H., M.T. (Dewan Pembina), Chudori, S.H. (Wakil Ketua), Drs. H. Sumarman, M.Pd. (Wakil Ketua), Wahjoe S., S.Sos. (Sekretaris), Ir. H. Ma’un, M.T. (Bendahara) dan M. Faqih, S.Or. (Wakil Bendahara).

Pangdam V Brawijaya menerima audiensi tersebut didampingi oleh beberapa pejabat dari Kodam V Brawijaya diantaranya : Kol. Inf. Suratin (Staf Ahli Bidang Sosbud), Letkol. Inf. Suyono, Letkol. Inf. Abdul Rahman (Aspri Pangdam), Letkol. Arm. Totok S. (Kapendam) dan Mayor Inf. Widodo (Staf Aster).

Masih banyak hal-hal yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut dari kegiatan audiensi ini. Kemitraan dengan TNI semakin mengukuhkan peran serta Senkom dalam memberikan kontribusi positif bagi kehidupan berbangsa di Indonesia. Senkom Yes.....TNI Jaya.....NKRI Harga Mati  (/ws)